Perkembangan Ahmadiyah di Seluruh Dunia (2009)

416,010 orang bergabung ke dalam Ahmadiyah tahun lalu.

Saat ini, PBB mengakui 192 negara anggota di dunia. Menurut CIA World Factbook 2005 US, ada 195 negara dan 61 teritori di seluruh dunia. Delapan negara mengatur wilayah-wilayah mereka: Australia (6) Denmark (2), Belanda (2), Perancis (16), Selandia Baru (3), Norwegia (3), Inggris (15) dan Amerika Serikat (14). Dari semua itu ada 256 negara secara global. Dengan rahmat Allah, Jamaah Ahmadiyah telah didirikan di 195 negara.

Penyebaran:

Pada tahun lalu, Jamaah Ahmadiyah telah didirikan di dua negara baru: Lithuania dan Serbia.

Jamaah yang Baru Terbentuk:

531 Jamaah baru terbentuk pada tahun lalu dan 790 lokasi baru ditambahkan. Mali, di Afrika, memiliki paling banyak  dengan 155 tambahan. India memiliki 104 dan Sierra Leone menambahkan 47 Jemaat baru.

Cerita inspirasional tentang pembentukan Jamaah:

•    Asheer Ali dari Kirgistan melaporkan bahwa ia bertabligh dengan Akmal Sahib di rumahnya. Akmal Sahib menemukan sebuah foto Masih Mau'ud as melalui buku-buku Jemaat. Dia berkomentar bahwa dia melihat pria ini dalam mimpinya. Kontakpun ditindaklanjuti dan akhirnya 60-65 orang manyatkan bai'at dan Jama'at baru dibentuk.

•    Ahmad Gibrael melaporkan dari Ghana bahwa ia menemani tim untuk menyampaikan TAbligh Ahmadiyah ke daerah utara Ghana, 15 km dari perbatasan Togo. Selama pertemuan, seorang pria tua menyatakan bahwa Islam telah berada di daerah ini lama namun telah menghilang selama 40 tahun terakhir. Pria, 70 tahun, mengatakan ia pernah menjadi seorang Muslim tapi sekarang Kristen. Melalui upaya-upaya para da'i dan berkat-berkat Allah, orang ini menerima Ahmadiyah dan 43 Mubayyiin baru.

•    250 orang bai'at di Kinshasa, Kongo melalui pekerjaan seorang individu, Alhdumolillah.

•    Banyak yang baiat di Liberia melalui pemandangan kasyaf yang jelas. Hal ini sesuai dengan Wahyu Hadhrat Mirza Ghulam Ahmad as: 'Yansuroka Rijaallan Nuuhi Alahim minas-samaai', yang berarti, 'Engkau akan dibantu oleh orang-orang kepada siapa Kita akan mengirim wahyu.'

Penambahan Masjid Baru

399 Masjid yang ditambahkan pada tahun sebelumnya, termasuk 164 masjid yang baru dibangun dan 235 di renovasi.

(Catatan dari Editor: sekarang ada 15.454 Masjid Ahmadiyah di seluruh dunia)

Ada beberapa negara di mana Ahmadiyah Masjid didirikan untuk pertama kalinya, termasuk Chad, Kongo, dan Maracaibo, Venezuela, di mana ada 15 anggota baru. Yayasan telah meletakkan batu pertama Masjid di Guinea Ecuatorial dan sebidang tanah telah diakuisisi di Bolivia.

Cerita inspirasional mengenai pembangunan Masjid:

•    Sebuah Masjid Ahmadiyah baru dibangun di Benin. Imam Non-Ahmadi lokal Imam di daerah itu bereaksi dengan menyatakan bahwa ia sendiri akan membangun masjid dua lantai. Walikota kota, seorang pria yang jujur, menjawab bahwa bahkan walaupun Imam itu membangun masjid 10 tingkat, Masjid pertama di daerah tersebut masih merupakan Masjid Ahmadiyah.

•    Di Benin, Jamaat itu telah berkembang begitu cepat sehingga para pejabat dari tiga kotapraja terdekat berkumpul untuk membahas bagaimana menggagalkan pertumbuhan Jama'at tersebut. Mereka mendekati warga kota setempat yang menjawab bahwa Jama'at Ahmadiyah telah membangun masjid di daerah terpencil dan mengajar mereka Qur'an, sementara tidak ada Muslim lain. Hal ini menghilangkan harapan kembali  para pejabat.

•    Di daerah Pedro di Pantai Gading, salah satu Imam berpengaruh menerima Ahmadiyah. Dia membangun sebuah Masjid dengan biaya pribadi yang besar. Ketika proyek hampir selesai, beberapa Mullah mendekati Imam dan membujuknya untuk berubah pikiran dan menawarkan Masjid untuk para Mullah daripada masuk Ahmadiyah. Beliau menjadi sangat bingung dan menulis surat kepada Huzoor aba meminta doa. Suatu malam, sebuah pertemuan diselenggarakan di sepanjang jalan raya utama dan orang-orang secara terbuka dan dengan berani menyatakan kesetiaannya kepada Ahmadiyah dan menyerahkan kunci masjid mereka untuk Jama'at.

•    Kota Bandiko di Pantai Gading dikenal sebagai kota seribu masjid dan dianggap sebagai benteng bagi Imam menentang Ahmadiyah. Kebetulan sebuah masjid diperoleh oleh Jama'at yang menyebabkan banyak penentangan oleh para Mullah. Mereka mengadu ke walikota setempat yang malah memutuskan mendukung Jama'at. Mereka kemudian melanjutkan pengaduan ke gubernur setempat yang juga menyukai Jama'at. Pada tanggal 27 Mei 2008, Jama'at mengadakan pertemuan di mana mereka bertemu dengan para pejabat resmi dan mencaritakan pekerjaan-pekerjaan Jama'at pada mereka. Mereka juga menulis surat permohonan dia kepada Huzur. Hari berikutnya gubernur menyatakan kepada mubaligh kita bahwa ia terkejut pada banyak tugas dan proyek Jama'at kerjakan. Dia menghibahkan sebidang tanah pada jemaat untuk membangun sebuah masjid di mana pun kita inginkan. Alhumdolillah.

Tabligh Centre baru yang didirikan


Huzur aba mengatakan pada kami bahwa 106 tabligh centre baru telah didirikan di seluruh dunia tahun lalu. Jemaat sekarang memiliki 2.117 Tabligh Cenre di 102 negara di dunia. India saja memiliki 36 tabligh centre

•    Di Australia, meskipun penentangan tinggi, Dewan Kota Melbourne memberikan izin bagi Jama'at untuk membuka sebuah pusat Tabligh. Keputusan itu ditentang di pengadilan tapi akhirnya pengadilan memutuskan mendukung Jemaat.

•    Di Swedia, krisis ekonomi global rupanya menjadi karunia bagi Jemaat. Mereka sedang mencari untuk membuka Pusat Tabligh. Harga resmi fix 4,5 juta Krones. Huzoor aba menyarankan Jemaat di Swedia untuk mengumpulkan dana mereka sendiri. Seiring waktu berlalu, harga turun secara dramatis, dan mereka memberitahu Huzoor aba, yang menyarankan mereka untuk menunggu lebih lama. Akhirnya, harga turun ke tingkat di mana harganya sangat terjangkau, dan Jama'at membeli properti tersebut.

Terjemahan Al-Qur'an:

•    68 terjemahan Alquran sudah selesai dan tahun ini satu terjemahan tambahan ke bahasa Ashante Twi  (Ghana) selesai. Penterjemahan dikerjakan oleh Alhaj Yousuf Eddusi Sahib dan beberapa orang lainnya. Dengan demikian, Al-Qur'an sekarang tersedia dalam 69 bahasa. Terjemahan diresmikan pada sebuah upacara resmi, yang diterima dengan baik. Banyak komentar yang sangat baik telah dikaitkan dengan terjemahan oleh para sarjana terkemuka. Alquran adalah satu-satunya kitab suci di dunia yang diterjemahkan ke bahasa Ashante.
•    Ayat-ayat pilihan Al Qur'an, hadis dan kutipan dari tulisan Hadhrat Ahmad as telah diterjemahkan ke dalam bahasa Kyrgis, Thailand dan Serbocroatian.
•    CD telah diproduksi untuk Al Qur'an dalam 25 bahasa.
•    Volume kedelapan dari tafsir e Kabeer dalam bahasa Arab telah ditambahkan.
•    Roohani Khazain set lengkap sekarang sedang direproduksi. bagian pertama dari 12 volume telah dicetak. Volume dua dan empat termasuk tiga artikel yang belum dicetak dari Hadhrat Ahmad as. Sebelas set lainnya akan segera keluar. Harga dari semua set ini adalah 100 Pounds Inggris.

Publikasi Baru di Seluruh Dunia:


523 buku dalam 31 bahasa di 40 negara dicetak tahun lalu. Raqueem Press didirikan di 8 negara Afrika, termasuk Ghana, Burkina Faso, Nigeria, Tanzania, Pantai Gading, Gambia, Sierra Leone dan Kenya. London Press terbit  tahun lalu sebanyak 212.500 lembar, dan Afrika Press diproduksi 486.000 buah.

Muslim Television Ahmadiyya (MTA)

•    MTA ini disusun menjadi 14 departemen dengan 116 pria dan 46 wanita (semua relawan)
•    MTA sekarang tersedia di Youtube.com.
•    MTA telah menandatangani kontrak dengan Reuters yang akan memberikan aliran berita untuk MTA.
•    Banyak yang bai'at melalui MTA. (Banyak peristiwa-peristiwa terkait dengan ini dan akan dibahas dalam edisi bulan depan, Insya Allah)

Radio dan program TV:

•    1158 program TV telah disajikan selama 769 jam dan telah ditonton oleh 10 juta orang di seluruh dunia.
•    Di Radio Burkina Faso, Islam Ahmadiyah dalam perablighan. Setelah seorang pria dari Waterloo mengontak radio kami dan meminta bergabung dengan Ahmadiyah. Dia diberi alamat, datang ke radio dan tanda tangan bai'at.

Pameran, Kios buku dan Pameran Buku:

257 pameran dan 790 kios buku telah diselenggarakan tahun lalu dan lebih dari 297.000 orang menerima pesan-pesan Islam / Ahmadiyah melalui cara ini.

Waqifeen e Nau:

Ada peningkatan Waqifeen e Nau sebanyak 1945 tahun lalu, sehingga meningkatkan total menjadi 39.081. Angka ini meliputi 25.013 laki-laki dan 14.000 perempuan. Rasio anak laki-laki perempuan 2:1 di Pakistan dan 1,5:1 di semua negara-negara lain.

Nizam e Wasiyyat:

•    Pada tahun 2004 jumlah para Musi adalah 38.183 di seluruh dunia. Sampai sekarang angka ini telah meningkat menjadi 105.377 dan Nizam ini sekarang didirikan di 98 negara.
(Editor: 1 / 2 dari dunia)

•    Peringkat 5 teratas adalah sebagai berikut: Pakistan, Jerman, Indonesia, Kanada dan Inggris

Cerita Inspirasi dari Jama'at Kosovo:

Mubaligh Javed Iqbal Nasir menulis bahwa Asisten Sekretaris Maal kita, Rajab Hasani telah mencari pekerjaan untuk sementara waktu. Dia memutuskan untuk bergabung Nizam e Wasiyyat dan mulai membayar Chanda Wassiyat. Segera setelah itu, dia memperoleh pekerjaan yang diinginkan dalam institusi yang disukainya di kota. Dia mengatakan bahwa itu adalah karena doa Huzoor aba dan niatnya untuk bergabung Wasiyyat. Dia melaporkan bahwa sebelum Wasiyyat setiap kali ia akan pergi ke bank, ia akan menemukan bahwa tidak ada dana yang tersedia, tapi sekarang setelah Wasiyyat, banknya tidak pernah menolaknya karena kurangnya dana. Ini adalah berkat kontribusi dalam jalan Allah.

Rumah Sakit dan Klinik:

Di bawah skema Nusrat Jehan, Jama'at menjalankan 36 rumah sakit di 12 negara Afrika dan 521 Sekolah (Termasuk SMP dan SMA) di Afrika. Sebuah rumah sakit baru di Shianda, Kenya dan Paraku, Benin didirikan tahun lalu.

Tahir Heart Institute:

•    65.000 pasien menerima pengobatan dalam 18 bulan terakhir dari rumah sakit di Rabwah. 7500 prosedur dilakukan dan 1750 prosedur invasif dilakukan meliputi 500 angioplastis dan 125 operasi bypass jantung. Komunitas medis kagum pada beberapa laporan yang disajikan oleh Dr Noori Sahib dalam seminar-seminar medis mereka. Dokter-dokter itu mengungkapkan penghargaan mereka dan tercengang akan keberhasilan ini. Saat ini jumlah dokter di Institut Total 14-15 dan karena  beban kerja yang begitu tinggi sehingga dokter-dokter ini mungkin harus tinggal sampai jam 02:00 untuk menyelesaikan prosedur. Tersedia profesional medis dan staf paramedis. Huzoor aba menghimbau atas Wakaf-e-Aarzi untuk menjadi dokter.

•    Huzoor aba menyeru ke semua dokter Pakistan dan luar negeri untuk menyumbangkan waktu mereka untuk Lembaga ini. Dokter dari luar negeri ditawarkan tiga bulan  Wakaf dan dokter Pakistan didorong untuk mendedikasikan 3-6 tahun.

Menjalin kembali Kontak Lama:
Huzoor aba membuat skema beberapa tahun yang lalu untuk mengotak kembali  kontak Jama'at lama yang telah hilang dan memberikan target 70%. Jamaat di negara-negara yang berbeda telah terlibat dalam kegiatan ini cukup serius dan berikut ini adalah contoh kecil dari prestasi dalam hal ini:

•    Ghana mengadakan 51.000 kontak untuk  818.000 dalam lima tahun terakhir
•    Nigeria menjalin sekitar 95.118 kontak dari total 466.000
•    Burkina Faso memperbaharui kontak 16.000 tahun lalu.
•    pantai Gading dan Sierra Leone juga berhasil mendapatkan kembali kontak lama

Cerita inspirasional dari Penerimaan Ahmadiyah:

•    Mubaligh Rafi Ahmad dari Uganda melaporkan bahwa ia terlibat dalam Tabligh ke teman India Selatan selama sembilan bulan terakhir. Setelah diskusi dilanjutkan tentang kewafatan nabi Isa as. dan isu-isu lain, dia memberitahu Mubaligh bahwa ia perlu melihat tanda yang nyata. Mubaligh Rafi Ahmad menyarankan dia untuk memanjakan diri dalam doa-doa. Setelah beberapa hari orang itu datang dan meminta bentuk bai'at. Mubaligh bertanya apa yang terjadi menyebabkan permintaan tersebut, pria tersebut menjawab bahwa ia melihat dua mimpi. Dalam yang pertama ia melihat bahwa gambar Masih Mau'ud as berbaring di meja kakeknya almarhum. Dan dalam mimpi kedua ia melihat dirinya sendiri di lokasi yang aneh di mana ia meminta seorang wanita apakah ia bisa membimbingnya ke masjid. Wanita itu membawanya dan melewati di Masjid pertama dan berhenti di Masjid kedua. Ketika ia masuk ke dalam Masjid ini ia melihat papan nama: Masjid Ahmadiyah.

•    Mubaligh dari Perancis melaporkan bahwa seorang anak 12 tahun 1 / 2 tahun melihat mimpi bahwa ketika dia pergi keluar lapangan melihat Almasih turun dari langit. Dia menceritakan mimpi tersebut kepada ayahnya dan mereka berdua mulai mencari informasi di internet di mana mereka menemukan MTA. Sebuah program di MTA yang menampilkan gambar Hadhrat Ahmad aba, dan anak segera berkomentar bahwa ini adalah orang yang ia lihat dalam mimpi itu. Ini adalah cara bagaimana kedua ayah dan anak menerima Ahmadiyah.

•    Di Propinsi Aasam penentang Jama'at mengadakan rapat besar dan terorganisir 50-60,000 orang-orang untuk menentang Jemaat. Sebagai rombongan akan dimulai, badai besar datang dan membongkar semua instalasi mereka termasuk panggung.dan akhirnya mereka tidak bisa mengadakan peretemuan itu.

•    Amir Benin menulis bahwa ada penentangang yang besar di wilayah Dasa. Saeed Osaka, seorang Mullah daerah itu berusaha untuk mengatur pertemuan skala besar dan dia menghubungi desa demi desa dan membujuk mereka untuk datang ke pertemuan ini. Tujuannya adalah untuk memusnahkan Ahmadiyah dari desa ini. Kebetulan sebelum pertemuan, dia berjalan di suatu tempat ketika dia ditabrak oleh mobil kecepatan tinggi dan mengakibatkan tulangnya patah.Pertemuan itu tidak jadi dilaksanakan


Pompa Air:

Tahun lalu 165 pompa air yang baru telah dipasang. Dan sampai sekarang jumlah pompa air yang terpasang sebanyak 357. Insinyur Ahmadi bekerja keras di daerah pedesaan Afrika dan menyediakan mereka dengan sumber air bersih di bawah Air program Water for Life. Di satu lokasi di Benin, insinyur kami berusaha untuk merehabilitasi salah satu bor yang berusia 15 tahun yang macet total. Biasanya untuk perbaikan kita menyalakan kompresor selama 2-3 jam tetapi dalam kasus ini bahkan setelah lima jam satu-satunya yang keluar adalah lumpur tebal dan puing-puing berbau busuk. Kami tidak menyerah dan terus operasi selama dua jam tambahan, Alhumdolillah. Setelah tujuh jam cobaan, air minum segar menyembur keluar dan semua penghuni desa sangat gembira. Seorang wanita tua berkomentar 'Setiap kali aku minum air dari pompa ini aku berdoa untuk Jemaat tersebut. Tolong sampaikan terima kasih saya kepada Imam Anda. "

Energi surya:

•    Kami telah menginstal energi matahari di 105 lokasi di banyak negara Afrika.
•    Kami telah mendistribusikan 1500 lentera tangan ke banyak desa dan masjid kecil di Afrika.

Upaya Pertablighan Ahmadiyah di Seluruh Dunia:

Tahun lalu 416.010 jiwa yang baru bergabung dengan Ahmadiyah dari 111 negara yang mewakili 366 suku bangsa. 

Berikut adalah beberapa rincian tambahan:

•    NIGERIA: 145.000 Mubayyiin baru, 48 Jemaat  baru didirikan dan Ahmadiyah diperkenalkan di 69 daerah baru.
•    INDONESIA: 38.900 orang bai'at dan 16 Jama'at baru didirikan.
•    MALI: 76.900 bai'at, 57 Jama'ats baru didirikan dan Jama'at ini diperkenalkan di 5 wilayah.
•    BURKINA FASO: 26.000 Mubayyiin baru.
•    Pantai Gading: 20.047 orang baiat dan Jama'at diperkenalkan di 60 lokasi baru.
•    BENIN: 14.165 orang baiat
•    UGANDA: 4000 orang baiat.
•    Kenya: 2654 orang baiat.
•    ETHIOPIA: 1063 orang baiat.
•    Sierra Leone: 36.178 orang Bai'at , 47 Jama'ats baru didirikan dan 82 Imam, bersama dengan 70 pimpinan, diterima Ahmadiyah.
•    INDIA: 2357 orang baiat terwujud.

Sumber: Caravan-e-Islam edisi Agusuts 2009, A monthly publication of the Department of Tahrik e Jadid, USA

Post a Comment

6 Comments

  1. Assalamualaikum

    mohon dikoreksi lagi:

    Upaya Pertablighan Ahmadiyah di Seluruh Dunia:

    Tahun lalu 416.010 jiwa yang baru bergabung dengan Ahmadiyah dari 111 negara yang mewakili 366 negara.

    >>>366 negara? bukankah secara global ada 256 negara di dunia..
    jazakumulloh sblmnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. syg ga baca teliti..itu tulisannya

      Upaya Pertablighan Ahmadiyah di Seluruh Dunia:

      Tahun lalu 416.010 jiwa yang baru bergabung dengan Ahmadiyah dari 111 negara yang mewakili 366 suku bangsa.... suku bangsa..bukan negara..negaranya mah malah baru 111 negara

      Delete
    2. 80 juta tahun
      http://www.alislam.org/egazette/press-release/muslim-leader-urges-peaceful-propagation-of-islam/

      Delete
    3. 80 juta tahun
      http://www.alislam.org/egazette/press-release/muslim-leader-urges-peaceful-propagation-of-islam/

      Delete
  2. kiamat akan segera datang untuk kemenangan islam....

    ReplyDelete